Modifikasi Terbatas, Tesla Model X P100D Limited Edition Largo

Ketika SUV Listrik Dibikin SANGAR


Tahun lalu, para penikmat otomotif Indonesia dikejutkan dengan kehadiran satu unit Tesla Model X yang diboyong Prestige Image Motorcars ke Tanah air. Baru-baru ini, SUV listrik dengan buka pintu ala burung camar yang di rancang Elon Musk ini, disiapkan paket modifikasinya oleh perusahaan bernama T Sportline.

Rumah modifikasi T Spotline mengklaim menjadi yang tuner pertama yang melakukan sentuhan modifikasi pada Tesla. T Sportline yang berbasis di Los Angeles, California ini sudah menyiapkan paket modifikasi untuk Tesla model S, model 3 dan yang terkini adalah model X ini.

Untuk model X ini T Sportline bikin paket wide body yang disebut Tesla Model X P100D Limited Edition Largo. Desainnya mengusung konsep sporty dengan penambahan panel wide body menggunakan bahan karbon fiber.

Ubahan wide body ini kemudian disandingkan dengan pelek forged berukuran 22 inci agar mengesankan bodi yang lebih lebar dan sangar.

Dari situs resmi T Sportline, disebutkan kalau paket T Largo ini dibatasi hanya untuk 20 unit Tesla Model X. Ini dimaksudkan untuk menjaga ekslusifitasan desain T Largo.

Lebih lanjut soal desain, desainer T Largo sengaja mengubah aura SUV keluarga ala Model X yang berkesan 'family friendly' dengan gaya yang lebih agresif namun tetap menjaga konsep pengalaman berkendara mobil listrik ala Tesla.


T Largo dibikin untuk para pemilik Tesla Model X yang ingin tampil "stand out" di jalanan. Satu set peranti body kit ini terdiri dari bumper depan, overfender (wide body), wide side skirt, diffuser belakang, serta cover wing belakang yang semuanya dibikin dari karbon fiber.

Ubahan wide body T Largo ini membuat lebar bodi Tesla Model X bertambah 5,4 cm di setiap sisi (kiri dan kanan).

Sementara kalau bicara kaki-kaki, pelek TS120 palang 20-nya berukuran 22 incinya. Sedangkan ukuran ban 265/35R22 untuk roda depan dan 285/35R22 untuk roda belakang. Bannya mengandalkan Pirelli Scorpion Zero Asimmetrico.

Dimensi lengkap memang tak disebutkan, namun jika merujuk pelek yang juga ditawarkan T Sportline untuk Model X ini, rata-rata punya spek lebar belang yakni 22x(9+10) inchi dengan offset di angka 25 di depan dan belakang.

Sepek roda Tesla Model X juga diketahui ber-PCD 5x120 atau sama dengan CPD BMW, dengan center bore 64.1 mm.

Berbeda dengan pilihan pelek lain yang ditawarkan, pelek dengan desain jari-jari ini tidak dijual terpisah dengan program wide body-nya.

Fakta Menarik Model X

Ada beberapa tipe. P75D, P90D dan P100D, angka ini tergantung dari kapasitas baterai, semakin besar angka semakin besar kapasitas baterai.

Akselerasi mantap. Tipe 100D mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,8 detik. Dengan top speed 250 km/jam, dengan jangkauan perjalanan sekitar 474 km.
Punya Mode Ludicrous yang mampu bikin 100D berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 2,9 detik saja.

Falcon Wing Doors. Model X ini punya pintu unik, namanya Falcon Wing Doors yang sistem buka tutup pintunya seperti sayap burung Camar yang mengembang ke atas. Fungsinya untuk memudahkan penumpang saat parkir dilingkungan yang sempit.

Dijual di Indonesia. Tahun lalu, Prestige Image Motorcars resmi memperkenalkan SUV listrik ini. Mereka mengenalkan Model X tipe 75D (tipe dasar) dengan harga mulai dari 200 ribu Dollar Amerika atau sekitar 2,64 milliar on the road.

Paket Modifikasi

Selain paket modifikasi Limited Edition T Largo sebagai level paling tinggi, rumah modifikasi T Sportline di Los Angeles juga menawarkan paket modifikasi ringan yang dibagi per sektor atau detil.
Berikut kebetan biaya yang ditawarkan T Sportline untuk pemilik Tesla di Amerika, khususnya sekitar California.
  • Cat kaliper termasuk warna font TESLA, biaya 1.500 Dollar Amerika.
  • Instalasi kamera dasbor atau das-cam Black Vue dengan koneksi wifi. Mulai dari 900 dollar Amerika.
  • Chrome delete. Maksunya melapis detil-detil krom dengan stiker 3M, dan sedikit pengecatan pada detil krom di garnish belakang. Pilihan warna bisa hitam atau putih tergantung pesanan. Harga mulai 1.800 Dollar Amerika.
  • Pengecatan panel plastik di eksterior bagian bawah, sehingga sewarna bodi. Harga mulai 5.500 Dollar Amerika.
  • Pasang kaca film. Bekerja sama dengan kaca film 3M tawarkan paket pemasangan kaca film memakai 3M Crystalline yang melapisi seluruh permukaan kaca termasuk kaca depan dan panel atap kaca. Biayanya 2.000 Dollar Amerika.
  • Paint Protection. Bekerja sama dengan Xpel Ultimate Self Healing Pain Protection Film Clear dengan finishing glossy atau matte. Biaya sekitar 3.000 Dollar Amerika.

Postingan Populer