Peluang Usaha Desain Stiker Mobil : Membuat Mobil dan Motor Menjadi Lebih Ekslusif

Peluang Usaha Desain Stiker Mobil : Membuat Mobil dan Motor Menjadi Lebih Ekslusif

Gambaran Umum Tentang Bisnis Desain Stiker Mobil dan Motor

Sebuah Karya untuk mempercantik mobil atau motor tak jarang pemiliknya melakukan modifikasi. Tidak hanya memodifikasi di bagian mesin, tampilan stiker yang unik pun ikut menjadi perhatian para modifikator.
Karena itulah yang menimbulkan pebisnis mulai merambah ke dunia desain stiker mobil dan motor. Berbagai kreasi kemudian bermunculan mulai mulai dari tokoh-tokoh komik, binatang, sampai pemandangan alam yang indah.

Desain stiker mobil atau motor yang dibuat tentu saja disesuaikan dengan trend yang sedang berkembang di pasaran. Desain ini bisa didistribusikan ke perkumpulan motor, mobil, atau perusahaan yang bergerak di bidang stiker, bahkan perusahaan otomotif. 



KEAHLIAN YANG DIBUTUHKAN 
Untuk menggerakkan bisnis ini, keahlian utama yang harus dimiliki adalah pengolahan grafis menggunakan Photoshop. 
Program Photoshop Untuk Mendesain Sticker Mobil

  1. Penggunaan tool-tool baik untuk melakukan seleksi maupun pembuatan path. Tool-tool ini, antara lain Marque Tool, Magic Wand Tool, Pen Tool, Lasso Tool, dan lain sebagainya.
  2. Penggunaan Type Tool dan pengaturannya, baik pewarnaan, ukuran pemilihan jenis font, dan lain sebagainya.
  3. Pengolahan dan koreksi image menggunakan fasilitas Adjustment, Filter, dan Layer Style.
  4. Penggunaan blending mode untuk membuat tampilan desain menjadi lebih menarik.
  5. Penggunaan Shape Tool, Rectangle Tool, Rounded Rectangle Tool, Custom Shape Tool, dan lain sebagainya untuk membuat shape. Shape Tool sangat penting dikuasai terutama untuk membuat motif-motif tertentu seperti kotak-kotak yang saat ini sedang digemari, dan lain sebagainya.

Selain itu, kemampuan untuk mencetak stiker secara digital maupun manual juga harus dimiliki. Untuk itu, diperlukan penguasaan teknis sebagai berikut: 
  1. Menguasai teknik produksi stiker menggunakan metode cutting, printing, dan one way vision.
  2. Mengetahui perbandingan hasil yang dibuat menggunakan metode cutting, printing, dan one way vision. Perbandingan ini bisa berupa daya tahan stiker yang dihasilkan, kerumitan pem­buatan, daya lekat, dan lain sebagainya.
  3. Pengetahuan mengenai bahan stiker seperti transparent, non­transparent, hologram, vinyl berwarna, dan lain sebagainya.
  4. Menguasai penggunaan mesin laminating.

Mesin Print Stiker
Mesin Print Stiker

Mesin Cutting Stiker
Mesin Cutting Stiker

Mesin Laminating Stiker
Mesin Laminating Stiker

Selain kemampuan dalam membuat desain menggunakan Photoshop, teknik marketing juga perlu dikuasai. Sebagaimana diketahui bisnis yang tidak memiliki strategi marketing nantinya pasti akan terlibas oleh bisnis sejenis yang selalu muncul dengan inovasi-inovasi baru dan promosi yang tepat. 

MODAL YANG DIBUTUHKAN 
Modal awal untuk menjalankan bisnis desain stiker mobil dan motor sekitar Rp 95.000.000, Biaya ini bisa bertambah besar atau menyusut tergantung pada kemampuan dan pengelolaan bisnis yang akan Anda jalani. Sebagai awal berdirinya bisnis dipilih teknik produksi digital menggunakan printing dan cutting. Pemilihan teknik produksi ini karena stiker yang diproduksi masih dalam jumlah terbatas. 


JUMLAH PEGAWAI YANG DIPERLUKAN

Jumlah karyawan yang diperlukan untuk memulai usaha ini tentu saja bergantung pada kemampuan yang Anda miliki, baik dari segi biaya maupun skill.

Namun demikian secara perhitungan, Anda membutuhkan lima karya­wan untuk menggerakkan bisnis desain stiker mobil atau motor, yaitu: 

  1. Desainer Stiker Mobil dan Motor. Posisi ini haruslah diisi oleh seseorang yang benar-benar menguasai pengolahan grafis menggunakan Photoshop. Jika perlu, ia juga harus mengetahui tentang teknik produksi stiker.
  2. Administrasi. Tenaga administrasi nantinya akan bertugas untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan pembukuan kantor, baik keuangan, stock, dan pembayaran untuk keperluan kantor.
  3. Tenaga Cetak. Tenaga cetak adalah karyawan yang bertugas untuk mencetak desain stiker ke dalam media yang digunakan sampai menjadi stiker. Plus, bertugas memasang stiker di atas permukaan mobil atau motor.
  4. Marketing. Karyawan yang mengisi posisi ini selain pandai berpromosi juga harus bisa mengoperasikan internet. Hal ini terkait dengan strategi marketing online yang nantinya akan dijalankan. 

Apabila Anda sebagai pemilik bisnis merasa memiliki salah satu atau beberapa kemampuan ini, Anda tak perlu tergesa-gesa merekrut karyawan terlalu banyak. Tunggulah hingga bisnis ini memberikan hasil yang menjanjikan dan memang bisa menutup pengeluaran yang digunakan untuk menggaji karyawan. 

POTENSI PASAR DESAIN STIKER MOBIL

Potensi pasar untuk bisnis ini diyakini akan semakin berkembang. Perkembangan ini secara signifikan ditunjukkan oleh pengguna motor dan mobil yang semakin banyak dari kalangan anak muda dan eksekutif muda yang notabene merupakan target pasar stiker mobil dan motor. 
Selain itu event lomba desain stiker yang diselenggarakan perkumpulan motor dan mobil akhir-akhir ini bisa mendongkrak pemasaran desain stiker mobil dan motor. 

STRATEGI MARKETING 

Untuk membangun relasi dan memperluas jaringan pemasaran diper­lukan promosi secara langsung maupun melalui sistem online. Sistem promosi secara langsung bisa dilakukan dengan membagikan brosur ke perusahaan-perusahaan produsen stiker, perkumpulan motor dan mobil, atau peserta lomba modifikasi motor dan mobil. 
Sedangkan sistem promosi secara online bisa dilakukan dengan mem­buka forum yang berhubungan dengan modifikasi motor dan mobil. Selain itu, pemasangan iklan dan banner bisa dilakukan pula secara online. Melalui website yang dibuat, tunjukkan pula contoh desain motor dan mobil yang telah dibuat.
Untuk menarik konsumen lebih banyak, gunakan pula teknik potongan harga untuk event-event khusus dan pemesanan desain dalam jumlah tertentu. Jadi, semakin banyak desain yang dipesan, tentunya akan se­makin banyak pula potongan harga yang akan diberikan. 

Selain itu, penyebaran stiker gratis dengan ukuran tertentu yang tentunya tidak terlalu menguras kantong perusahaan bisa dilakukan. Stiker dengan dengan tema yang digemari anak muda dilengkapi alamat .

Stiker dengan dengan tema yang digemari anak muda dilengkapi alamat website perusahaan Anda bisa menjadi strategi marketing yang bisa dijalankan. 

HAL-HAL PENTING YANG PERLU DIKETAHUI 

Untuk menjalankan bisnis ini bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bisnis ini cukup mudah dijalankan jika Anda mengetahui apa keinginan pasar. Untuk desain motor dan mobil yang dibuat tentu saja harus memiliki tingkat kerumitan yang tinggi serta cita rasa seni yang unik. 

Umumnya modifikator motor cenderung untuk menempelkan stiker yang tidak terlalu besar bahkan terkadang hanya di bagian belakang motor saja. Desain stikernya sendiri acapkali tidak terlalu diperhatikan, namun konsumen modifikator motor cenderung menyukai stiker berupa teks-teks yang penuh dengan kesan humor. 

Sedangkan modifikator mobil, lebih menyukai desain stiker yang artistik. Meski mereka harus merogoh kocek cukup dalam, namun eksklusivitas tetap menjadi point penting bagi para modifikator mobil yang akan melengkapi tampilan mobilnya dengan stiker. 
PENGEMBANGAN BISNIS 

Bisnis stiker mobil dan motor bisa dikembangkan ke arah pembuatan baliho dan billboard. Pembuatan reklame di kendaraan perusahaan customer (car branding atau car panel) juga bisa menjadi perluasan bisnis yang menarik.

Kembangkan pula desain stiker dalam bentuk teks-teks lucu yang tidak hanya bisa dipasang di motor, tetapi juga di helm pemakainya. 

Begitu banyak website yang secara profesional menawarkan pembuatan stiker mobil dan motor seperti www.desimasi.com. Bisa dikatakan profesional karena website sudah tersusun secara sistematis mulai dari profit perusahaan sampai tersedianya forum tanya jawab untuk para pengunjungnya. 

Postingan Populer