Suatu Hal Yang Fantastis Transaksi I IMS 2016 Capai Rp 2,1 Triliun

Suatu Hal Yang Fantastis Transaksi I IMS 2016  Capai Rp 2,1 Triliun


Nilai transaksi di ajang Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, mencapai Rp 2,1 triliun.


Angka ini jauh lebih baik dari pencapaian IIMS 2015 sebesar Rp 1,6 triliun. Bahkan, jika melihat tingginya animo masyarakat yang datang hingga Minggu atau hari terakhir pameran, transaksi bisa menembus kisaran Rp 2,3 triliun. Demikian diungkap Hendra Noor Saleh. Direktur Pemasaran Dyandra Promosindo, penyelenggara IIMS 2016.
Sampai Sabtu (16/4) malam, kata Hendra, tercatat sebanyak 8.003 unit mobil terjual. Pencapaian target transaksi ini menurut Hendra membuktikan bahwa IIMS yang memiliki konsep The Essence of Motor Show mampu membangkitkan kembali gairah pasar otomotif yang sempat meredup sejak akhir tahun lalu hingga triwulan pertama tahun 2016.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), memperlihatkan, total angka penjualan mobil pada Januari, misalnya, hanya mencapai 84.885 unit atau turun 9,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Jika menengok data pada bulan Januari tersebut, gelaran IIMS yang digelar selama 10 hari bisa menyumbang kontribusi hampir 10 persen dari penjualan nasional per bulan.

“Sejauh kesan yang kami tangkap, rata-rata produsen memang mematok IIMS 2016 sebagai sarana penting untuk mendongkrak penjualan pada semester I,” kata Hendra.

Lampaui target

Penjualan mobil di ajang IIMS 2016 yang cukup baik disambut gembira oleh para peserta pameran. PT Astra Daihatsu Motor (ADM), misalnya, penjualan unit mereka selama di ajang IIMS 2016 bisa melampaui target.
“Sampai dengan Minggu (17/4), sudah 500 unit terjual, jauh lebih tinggi dari target kami. Penjualan didominasi oleh Daihatsu Xenia dan Ayla,” kata Fransiskus Wibowo, Marketing Communication Head PT ADM kepada Warta Kota, Minggu (17/4).
Daihatsu Xenia dan Ayla

Sebelumnya, kata pria yang akrab disapa Moko, PT ADM hanya mematok target realistis sebanyak 250 unit karena pasar otomotif memang sedang lesu. “Kenyataan yang kami dapat, lebih besar daripada ekspektasi sebelumnya. Mudah-mudahan ini menjadi moment bangkitnya kembali pasar otomotif,” harapnya.

Pencapaian luar biasa juga diraih PT Honda Prospect Motor (HPM). Dari data yang didapat selama empat hari pameran, 7-10 April, Honda telah berhasil mencatat angka pemesanan di atas 1.000 unit untuk produk-produknya. “Penjualan Honda di IIMS 2016 hingga saat ini menunjukkan tren yang sangat baik karena didukung pengunjung pameran yang lebih antusias serta produk-produk baru dan program penjualan yang berhasil menjadi daya tarik utama bagi pengunjung,” kata ungkap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.
Pada ajang IIMS 2016, Honda meluncurkan banyak produk baru, diantaranya Ali New Honda Civic, New Honda Accord, New Honda Brio Satya CVT dan New Honda Brio RS. Selain itu, beberapa produk seperti Honda Jazz, Honda HR-V dan Honda City juga tampil dengan beberapa fitur baru, terutama pada bagian sistem audio. (fha)

Sumber : Warta Kota
Otomotif

Postingan Populer