Mofifikasi Datsun Go Panca 2016 dan 2015

Modifikator Lokal Signal Kustom dan si bolang Musa



Dipajang bersandingan dengan versi standar, Datsun Go Panca berkelir biru ini langsung bikin penasaran bagi yang melihat. Bagaimana tidak, kesan gagah dan Indonesia sekali, langsung terpancar dari hasil kolaborasi modifikator lokal dan internasional itu.

Soal yang internasional, jangan lantas berpikiran bahwa kerjasama ini melibatkan bule. Adalah Musa Tjahjono, bolang (bocah petualang) Tanah Air yang sekarang jadi head of designer dari rumah modifikasi West Coast Custom di  Amerika.

Sedangkan modifikator lokalnya, Signal Kustom asal Bandung milik Andre Mulyadi jadi penterjemah blueprint yang dibuatoleh Musa untuk kendaraan bertransmisi manual tersebut.

Pajangan hasil kolaborasi tersebut, juga dipakai untuk menandai kontes modifikasi (XploreYour Style) yang tahun ini merupakan penyelanggaraan ke-2.

"Dengan adanya hasil karya desainer internasional yang jugaanakbangsa,dapat memotivasi modifikator lokal,"kata Indriani Hadiwidjaja,f/ead of Datsun Indonesia.

Tengok yuk ubahannya.

BODI

Kelir biru sekujur bodi Go Panca, sudah pasti garapan Signal Kustom yang merupakan terjemahan pikiran Musa. Dalam video yang diunggah di Youtube, com, Musa menjelaskan bahwa kelir biru itu inspirasinya dari Indonesia yang wilayahnya lebih banyak lautan dari pada daratan.

Selain itu bagian ini dibuat lebih Indonesia, dengan menorehkan beberapa lukisan yang jadi ciri khas Indonesia. Di antaranya seperti stupa candi Borobudur di Jateng, bangunan pura di Bali dan juga wayang. Pada engine hood, digoreskan gambar pulau Sumatera.

Hal menarikdari penggarapan bagian bodi ini adalah soal memasukkan pelat berbahan perak. Sentuhan ini yang membuat hasil akhir dari proses airbrush di bagian pintu jadi sangat berbeda dan istimewa.



Audio. Bagian yang membuat bagasi beralih fungsi ini, banyak menggunakan produk dari Pionner. Dari mulai head unit yang di pakai tipe DEH-X8850 BT, speakerr split TS D1605, Coak TSD 1650d dan juga subwoover TSW 311-D4.

Tak ketinggalan power amplifier 2 buah, juga comot dari pabrikan audio yang sama. Di sini tipe GM yang jadi andalan, yakni GM D9601 dan GM6604.

INTERIOR

Hal yang paling mencolok ketiga berada di dalam kabin kolaborasi Signal Kustom dan Musa ini, ada di dasbor. Itu karena di bagian tersebut karbon Kevlar yang dipasang berwarna biru.

Lebih kurang ada 4 bagian yang dibuat seperti itu. Konsol bagian tengah, cluster spidometer, shifter dan handle pintu.

Pelapis jokjuga dipilih yang bahannya pakai kelir biru. Sudah pasti ini dilakukan agar apa yang sudah dilakukan pada bagian luar, senada dengan bagian dalamnya.

Explore Your Style

Kontes modifikasi yang diadakan tiap tahun oleh PT Nissan Motor Indonesia (Datsun Indonesia) ini menantang lebih kurang 10 modifikator. Total hadiah yang diperebutnya lebih kurang Rp. 100 juta rupiah dalam 10 kategori.

Risers akan berebut kategori The Breakthrogh Body Kit, The Most Stylish Sticker Art, The Breakthough Body Kit, The Most Stylish Sticker Art, The Attactrive Paint, The Airbrush Master. Stand Out Under Carriage. The Risers Gadget. The Stylish Audio Cosmetic dan The Durable and Fastest Risers.

Kaki-Kaki
Dari pelek yang standarnya pakai ring 13 inci, sekarang jadi 19 inci. Pemasangan pelek lebar ini, juga termasuk pengereman yang mengaplikasikan produk dari Bremo 4 pot.

Dari kaki-kaki yang standar ke lebar, sudah pasti ada penyesuaian yang dilakukan. Tapi enggak pakai yang terlalu neko-neko.

Hanya saja memang bagian bodinya dibikin sedikit lebih lebar. Agar terlihat natural, pelebaran bagian fendernya lebih lebih kurang 3 cm saja.

Datsun Go Panca 2015


Lebih Otentik

Bukan kali pertama ini saja,

Datsun Go Panca edisi Hotwheels dipajang.Tapi ada perbedaan mendasar pada kendaraan bertransmisi manual yang sudah dimodifikasi itu.

Pada kali ini, kendaraan yang memiliki kode mesin HR12DE dengan kapasitas 1.200 ccterlihat lebih Hotwheels. Tengok saja kombinasi warna yang dilekatkan pada bodi.

Dengan teknik cuft/ng sticker, kelir putih biru dan hijau terkombinasi secara pas mempercantik bagian ekterior. Khusus pada bagian ini, sudah melalui proses ubahan lebih dari 3 kali.

Selanjutnya mari kita tengok ubahan di bagian lain.

EKSTERIOR

Body kit berbahan fiber, dijadikan pemanisdan pendongkraktampilan yang lebih sporty. Kesan senada juga sampai ke bagian depan, dimana headlamp-nya sudah pakai model proyektor.

Mesin
Jangan dikira panjangan ini hanya untuk show off. Bagian Mesin dipasang turbo dengan perangkat pendukungnya. Piping sudah pasti custom. ECU enggak dibiarkan sendirian, perangkat ini disandingkan dengan piggyback Dastek Unichip.

Kaki-Kaki
Sesuai konsep street racing, maka pelek menggunakan produk dari Enkei berdiameter 17 inci. Sementara karet bundar yang membalutnya dari Achilles tipe 1235 dengan ukuran 205/40R17. Pengereman menggunakan big brake kit kaliper 2 piston berlabel AP Racing.

Interior

Ketika pintu dibuka, bagian dalamnya ternyata setengah-setengah. Maksudnya konsep street racing yang dijadikan acuan enggak semuanya diaplikasikan. Itu jelas digambarkan oleh jok belakang yang masih pakai bawaan pabrik.

Untuk bagian depan, pakainya brand Sparco. Dari mulai jok, safety belt, shift knop, kemudi dan pedal.

Otomotiv Agustus


Otomotif

Postingan Populer